Tuesday, March 27, 2012

MEDIA LITERACY

Media Literacy di Indonesia lebih dikenal dengan istilah Melek Media, yang mana adalah sebuah kemampuan untuk menganalisis pesan atau menerima sebuah prespektif dari media yang kita terima, baik yang bersifat informatif maupun yang menghibur kita.

Media Literacy (Melek Media)  ini memiliki 6 unsur yang terdapat didalamnya, yaitu: 
  1.  Critical Skills (kemampuan untuk berpikir kritis).
  2.  Understanding the mass communicatioin process (pemahaman akan proses komunikasi massa).
  3.   Awareness of media impact (kesadaran terhadap dampak media).
  4.  Strategies for analyzing and discussing media (strategi-starategi yang di gunakan untuk menganalisis dan membahas pesan-pesan media). 
  5. Understanding the media context as a text (kesadaran akan isi media sebagai "teks").
  6. The ability to understand, enjoy, and appreciate media content (kemampuan untuk memahami, menikmati, dan mengapresiasi isi media).
Kita tentu belum lupa akan iklan Bebelac yang satu ini, iklan yang berhasil menarik perhatian massa dengan kelucuan, dan kegemasan mereka.


Kami ingin mengaitkan ke-6 unsur dari Media Literacy (Melek Media) dengan iklan Bebelac di atas :-D
  • Critical skills (kemampuan untuk berfikir kritis) : Sebagai seorang penonton atau konsumen dari media telivisi ini, kita harus mampu berfikir secara kritis seperti contohnya informasi apa yang diberikan, memiliki unsur positif atau tidak. Di dalam iklan ini, adanya penggambaran tentang seorang anak yang masih balita, tetapi memiliki daya pikir serta daya tangkap yang cerdas melebihi anak-anak balita seumurannya. Bisa kita persepsikan bahwa mengkonsumsikan Bebelac terhadap balita kita, maka balita kita akan cerdas, dan ini berarti memberikan aspek positif.
  • Understanding the mass communicatioin process (pemahaman akan proses komunikasi massa) : Proses komunikasi massa dalam iklan ini, pertama iklan ini menggunakan media telivisi dimana para penontonnya akan melihat pesan yang digambarkan oleh Bebelac, kedua disaat kita menonton dan memahami iklan tersebut akan terjadinya penerimaan pesan sehingga kita bisa menangkap seperti apa pesan yang diberikan, bila di dalam iklan Bebelac mencangkup pesan positif seperti, balita mengkonsumsi Bebelac akan menjadi cerdas, terjadilah proses komunikasi yang terakhir yaitu dimana kita membeli Bebelac untuk mengkonsumsikannya kepada Balita kita, dan secara tidak disengaja kita memberikan feedback terhadap Bebelac.
  • Awareness of media impact (kesadaran terhadap dampak media) : Iklan Bebelac ini cukup membuat nama-nama produk susu lainnya merasa kalah saing dalam memberikan pesan lewat media televisi, sehingga para produk susu balita lainnya ikut berlomba membuat iklan yang lebih menarik, dengan tujuan untuk meningkatkan brand masing-masing produk, sehingga membuat  persaingan iklan masing-masing brand menjadi lebih ketat
  • Strategies for analyzing and discussing media (strategi-starategi yang di gunakan untuk menganalisis dan membahas pesan-pesan media) : Strategi yang Bebelac gunakan cukup unik, dengan menghadirkan bintang-bintang balita yang sangat menggemaskan, sehingga penonton yang melihat ikut terbawa dengan kelucuan balita-balita tersebut, dan sangat menghibur. Pesan-pesan yang ingin disampaikan juga lebih digambarkan dengan kecerdasan balita tersebut sehingga prespektif kita sebagai penonton menangkap bahwa dengan meminum susu Bebelac, balita kita akan lebih cerdas.
  • Understanding the media context as a text (kesadaran akan isi media sebagai "teks") : Cara untuk kita memahami isi pesan dari sebuah media, iklan ini mengemas pesannya dengan unik, menarik, sehingga menjadi perhatian penonton, serta penonton bisa mendapatkan informasi positif dari pesan iklan bebelac tersebut.
  • The ability to understand, enjoy, and appreciate media content (kemampuan untuk memahami, menikmati, dan mengapresiasi isi media) : Kita sebagai penonton akan media telivisi ini harus ampu berfikir kritis untuk menangkap pesan yang diberikan oleh si pembuat iklan. Baik unsur positif maupun negatif. Akan tetapi tidak lupa juga bahwa sebuah iklan harus dikemas secara unik, dan menarik, dengan tidak melupakan tujuan serta pesan yang ingin disampaikan. Dan menurut kami iklan Bebelac sukses dalam mengemas pesan yang bersifat informasi positif terhadap para penonton, sehingga membuat penonton menangkap pesan dengan baik.

No comments:

Post a Comment